Senin, 28 Mei 2012

APA SIIIH ISBD ITU??


ISBD (Ilmu Sosial Budaya Dasar) telah masuk dalam kurikulum untuk materi kuliah telah diatur dalam SK DIRJEN NO. 44/DIKTI/KEP/2006 RAMBU-RAMBU PELAKSANAAN KELOMPOK MATA KULIAH MBB DI PT.
ISBD (Ilmu Sosial Budaya Dasar) sebagai integrasi ISD (Ilmu Sosial Dasar) dan IBD (Ilmu Budaya Dasar). ISBD memberikan dasar-dasar pengetahuan sosial dan konsep-konsep budaya kepada mahasiswa sehingga mampu mengkaji masalah sosial kemanusiaan dan budaya. Selanjutnya mahasiswa peka, kritis, tanggap serta berempati atas solusi pemecahan masalah sosial dan budaya secara arif.
ISBD bukanlah suatu disiplin ilmu yang berdiri sendiri, melainkan hanyalah suatu pengetahuan mengenai aspek-aspek yang paling dasar yang ada dalam kehidupan manusia sebagai makhluk sosial yang berbudaya dan masalah-masalah yang terwujud daripadanya.
ISBD isinya betul-betul menyentuh pembangunan karakter manusia.
Visi ISBD : berkembangnya mahasiswa sebagai manusia terpelajar yang kritis, peka dan arif dalam memahami keragaman dan kesederajatan manusia yang dilandasi nilai-nilai estetika, etika dan moral dalam kehidupan bermasyarakat.
Misi ISBD : memberikan landasan dan wawasan yang luas serta menumbuhkan sikap kritis, peka dan arif kepada mahasiswa untuk memahami keragaman dan kesederajatan manusia dalam kehidupan bermasyarakat selaku individu dan makhluk sosial yang beradab serta bertanggung jawab terhadap sumber daya dan lingkungannya.
Kompetensi yang diharapkan ISBD yaitu menjadi ilmuwan dan profesional yang berfikir kritis, kreatif, sistemik dan ilmiah, berwawsan luas, etis, estetis, serta memiliki apresiasi, kepekaan dan empati sosial, bersikap demokratis, berkeadaban, serta ikut berperan mencari solusi untuk memcahkan masalah sosial budaya secara arif.
Salah satu tujuan ISBD yaitu memberikan landasan pengetahuan dan wawasan yang luas serta keyakinan kepada mahasiswa sebagai bekal bagi hidup bermasyarakat, selaku individu dan makhluk sosial yang beradab dalam mempraktikkan pengetahuan akademik dan keahliannya.
Bagi segenap mahasiswa, menurut Philip H. Phenix (1964:6) harus diarahkan pada enam pola makna esensial, diantaranya:
1.     Makna symbolics, yaitu kemampuan berbahasa dan berhitung.
2.    Makna empirics, yaitu kemampuan untuk memaknai benda-benda melalui proses penjelajahan dan penyelidikan empiris.
3.    Makna esthetics, yaitu kemampuan memaknai keindahan seni dan fenomena alam.
4.    Makna ethics, yaitu kemampuan memaknai baik dan buruk.
5.    Makna synoetics, yaitu kemampuan berfikir logis, rasional sehingga dapat memaknai benar dan salah.
6.    Makna synoptics, yaitu kemampuan untuk beragama atau berfilsafat.
Harapan pembelajaran ISBD:
1.     Manusia unggul (cerdas) secara intelektual.
2.    Anggun secara moral.
3.    Kompeten menguasai IPTEK.
4.    Memiliki komitmen tinggi untuk berbagai peran sosial.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar