Senin, 28 Mei 2012

MANUSIA DAN PENDERITAAN


Penderitaan artinya menanggung atau merasakan sesuatu yang tidak menyenangkan. Penderitaan akan dialami oleh semua orang, hal itu sudah merupakan “resiko” hidup.
Tuhan tidak hanya memberikan kabahagiaan atau kesenangan saja kepada umatnya, tetapi juga memberikan kesedihan atau penderitaan yang kadang-kadang bermakna agar manusia sadar untuk tidak lupa atau memalingkan dariNya.
Penderitaan manusia bisa timbul karena:
1.       Timbul karena perbuatan buruk manusia => dapat terjadi dalam hubungan sesama manusia dan hubungan manusia dengan alam sekitarnya.
2.       Timbul karena penyakit, siksaan/azab Tuhan => penderitaan manusia dapat juga terjadi akibat penyakit atau siksaan/azab Tuhan. Namun, kesabaran, tawakal dan optimisme merupakan salah satu usaha manusia untuk mengatasi penderitaan itu.
Biasanya manusia mengalami: penderitaan => kesenangan => keserakahan.
Hal seperti itu, contohnya seorang koruptor. Seorang koruptor merupakan perilaku yang serakah dan selalu ingin mendapatkan kebahagiaan untuk mencukupi hidupnya. Koruptor tidak mau menderita bahkan selalu ada rasa “KETAKUTAN” dalam hidupnya. Hal itu dikarenakan dia takut kalau tidak mempunyai uang.
Oleh sebab itu, orang yang tidak mau menderita disebut HEDONISME, sehingga timbul keserakahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar